Jasa Digital Marketing Jakarta

Strategi Digital Marketing

strategi digital marketing

Strategi digital marketing, merupakan sebuah cara dimana Anda memiliki goals untuk mendapatkan pembeli yang berpotensial dalam mengambil keputusan membeli produk yang Anda promosikan. Strategi digital marketing ini bekerja dengan basis online, dimana Anda bisa memanfaatkan beberapa platform online yang ada untuk mempromosikan produk Anda.

Prinsip dari strategi digital marketing adalah memudahkan Anda dalam mempromosikan produk yang Anda jual. Ada begitu banyak jenis strategi digital marketing yang bisa Anda manfaatkan dalam mempromosikan produk Anda. Diantaranya adalah:

Situs online (website)

Website merupakan cara untuk Anda mendapatkan pembeli berpotensi membeli di sana. Mengingat cakupan wilayahnya terbilang sangat luas jika dibandingkan dengan menggunakan strategi digital marketing yang lain.

Menggunakan strategi ini bisa berlaku untuk berbagai jenis produk yang Anda jual. Seperti misalnya kuliner, dimana Anda nantinya harus mencantumkan alamat serta nomor hp yang dapat di hubungi saat para pembeli ingin merasakan produk-produk kuliner yang Anda promosikan di sana.

Meksi begitu, untuk website sendiri Anda harus mengombinasikan dua strategi digital marketing lain agar goals Anda dapat terwujud. Yakni menggunakan strategi SEO ataupun alternatifnya adalah Google ads.

Media sosial

Karena gratis dalam membuat akun media sosial seperti Instagram maupun facebook, bisa di bilang cara ini menjadi cara kedua yang sangat mengundang pembeli yang berpontensi untuk membeli produk Anda.

Cara kerjanya sendiri sangat simpel. Anda hanya perlu membuat foto produk yang se-astetic mungkin, serta caption se-copywriting mungkin untuk menarik pelanggan baru membeli produk Anda.

Meski demikian, Anda dapat menggunakan para influencer maupun endorsement yang ada di Instagram untuk membantu Anda dalam mempromosikan produk yang Anda jual. Untuk media sosial, sangat cocok untuk Anda yang menjual beberapa aksesoris wanita, fashion style pria maupun wanita, gadget, dan sebagainya.

Video

Platform seperti YouTube, juga sekarang banyak dilirik oleh para pebisnis untuk mempromosikan produk mereka. Dimana dengan bekerjasama dengan para YouTuber yang ada, maka potensi mendapatkan pelanggan baru yang berpotensi untuk membeli pun tidak sedikit peluangnya.

Untuk promosi menggunakan strategi digital marketing ini, disarankan cocoknya menjual berbagai produk kuliner. Dengan demikian, para YouTuber akan merasakan berbagai cita rasa dari produk yang Anda buat, sehingga terkesan lebih real dan meyakinkan.

Menggunakan e-mail/whatsapp/dst

Strategi digital marketing menggunakan email/whatsapp juga bisa dibilang efektif dalam menggaet pelanggan baru. Hanya saja untuk cakupannya sendiri masih terbilang sempit. Terlebih jika menggunakan whatsapp.

Cara kerja dari promosi whatsapp/email  adalah dengan membuat broadcasting lalu di bagikan ke kontak yang ada di sana. Ada yang langsung tertarik, namun tidak sedikit yang menganggap sebagai spam.

TikTok Marketing

TikTok merupakan salah satu aplikasi yang sangat hype di era sekarang. Ada banyak sekali kesempatan untuk Anda mengembangkan diri, baik bakat Anda dalam bidang seni, maupun bidang bisnis seperti yang sedang Anda jalankan.

Ya, sekarang aplikasi TikTok bisa Anda pakai sebagai media promosi agar bisnis Anda berkembang lebih cepat. Caranya adalah dengan Anda memakai TikTok khusus bisnis, dimana dengan aplikasi tersebut, Anda dapat mengjangkau lebih luas.

Anda dapat mendowload aplikasi tersebut dan mulai mengunggah berbagai video tentang bisnis Anda, produk apa yang Anda tawarkan kepada mereka, layanan yang seperti apa yang Anda tonjolkan, dan sebagainya. Aplikasi ini sangat cocok untuk bisnis di bidang kuliner, fashion, sampai dengan jasa content writer, dan endorsement.

Podcast Marketing

Mungkin kebanyakan dari kita sudah tidak asing dengan kata ini, yakni “podcast”. Podcast merupakan radio versi kekinian, dimana Anda dapat menghandle semuanya sendiri, mulai dari take, membuat materi, sampai dengan Anda sendiri sebagai penyiar radio versi podcast Anda.

Dan karena kemudahan itulah, Anda sebagai pebisnis dapat menggunakan podcast sebagai media promosi produk atau jasa yang Anda tawarkan pada audience Anda. Mengingat podcast dapat di dengar dimanapun dan saat sedang melakukan apapun. Anda dapat bekerjasama dengan podcaster yang dirasa handal untuk bekerjasama dalam mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan pada audience.

Cara digital marketing ini bisa Anda pakai untuk berbagai bisnis, namun karena konsep dasarnya seperti radio, digital marketing menggunakan podcast lebih disarankan untuk Anda yang menjalankan bisnis di bidang jasa. Jadi memunculkan rasa penasaran para audience dengan jasa yang Anda tawarkan kepada mereka.

SEO Marketing

SEO atau Search Enginge Optimization, merupakan salah satu cara digital marketing yang patut untuk Anda coba. SEO menitikberatkan pada kinerja dari keyword dengan tujuan website Anda dapat berada di halaman satu google.

Secara otomatis jangkauan audience Anda akan semakin luas dan banyak pelanggan baru yang akan berdatangan. Caranya adalah, Anda perlu riset terlebih dahulu mengenai keyword yang akan Anda pakai di konten website Anda. Perlu diingat, antara keyword dan konten harus relevan ya.

SEO marketing bisa dimanfaatkan untuk berbagai bisnis yang Anda jalankan. Bisa kuliner, bisnis di aspek fashion, kerajinan tangan, sampai dengan layanan jasa seperti fotografer, content writer, dan sebagainya.

Google Ads Marketing

Google ads atau yang sering dikenal dengan Google Adwors, merupakan digital marketing yang kinerjanya hampir sama dengan SEO. Google ads menggunakan berbagai keyword agar website yang Anda dapat berada di halaman satu google.

Anda tidak perlu riset mengenai keyword untuk memastikan website Anda dapat berada di halaman satu google. Anda hanya tinggal memilih keyword mana yang bisa Anda pakai, dan sesuai dengan budget yang Anda miliki. Jika sudah, Anda bisa menggunakan keyword pada konten website Anda.

Google Display Network

Google display network atau yang sering dikenal dengan GDN, merupakan sebuah jaringan layanan iklan yang bekerjasama dengan google. Anda bisa membuat iklan berbentuk banner, video, atau lainnya, dimana nantinya iklan Anda bisa tayang di berbagai website yang ada di google pencarian.

Dan karena hal itulah, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk menggaet pelanggan baru yang tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan pada audience. Google display network ini bisa Anda gunakan di berbagai aspek bisnis.

Caranya bisa membuat banner, video interaktif tentang penggunaan produk, cara memesan, dan sebagainya.

Keuntungan dari strategi digital marketing

Yang paling terpenting adalah, tujuan Anda lambat laun akan tercapai seiring Anda sering menggunakan strategi pemasaran digital di atas. Mengingat jangkauan yang Anda incar sangatlah luas, dan tidak mungkin dari seluas jangkauan tersebut tidak ada yang tertarik dengan produk yang Anda jual.

Lalu, untuk hasil dari jangkauannya tersebut juga bisa di lacak secara akurat. Contohnya saja seperti Instagram, dimana di menu profil ada pilihan insight untuk melihat jumlah jangkauan yang dicapai, hari apa saja yang ada interaksi dengan jumlah diatas rata-rata, dan kebanyakan kalangan konsumen Anda.

Yang lainnya adalah, Anda bisa membangun loyalitas yang lebih luwes dan mengena pada pelanggan baru Anda. Hal ini akan berimbas pada kepercayaan mereka terhadap produk-produk yang Anda jual, serta pelayanan yang Anda berikan. Untuk itu jika Anda menginginkan segera bisa menerapkan strategi pemasaran digital tersebut namun masih bingung, Anda bisa langsung konsultasi saja dengan kami di WEBQUAL. Sekian.

Gulir ke Atas